BERKUNJUNG KE PERPUSTAKAAN UMUM YANG ADA DI KAMPUNG HALAMAN

Assalamu'alaikum Wr. Wb 



Haiii teman-teman. Udah musimnya liburan tapi liburannya diem dirumah doang ?.. Yuk isi waktu liburan kita dengan sesuatu yang bermanfaat.  Mencari ilmu dan pengetahuan dengan cara berkunjung ke perpustakaan. Sebagai calon pustakawan saya ingin mengenalkan perpustakaan yang ada di kampung tempat tinggalku. Buat kalian yang liburannya bingung mau kemana, saya merekomendasikan untuk mengisi waktu liburannya dengan berkunjung ke perpustakaan. Perpustakaan umum Kabupaten Indramayu terletak di jl. Mt. Haryono No. 45 Sindang Indramayu. Tempat perpustakaan ini bersebalahan dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu. Menurut saya letak perpustakaan ini sangat strategis dan mudah di temukan. 

Di dirikannya perpustakaan umum kabupaten Indramayu ini, diharapkan menjadi referensi dalam bidang pendidikan, penelitian, dan rekreasi. Dengan menyediakan akses informasi yang lengkap, baik dalam bentuk koleksi tercetak maupun digital. Perpustakaan ini dikelola secara profesional dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, dalam menunjang layanan kepada pemustaka. Perpustakaan selalu meningkatkan kualitas layanan dengan cara, memperbaharui koleksi dan layanan sesuai dengan kebutuhan para pemustaka. Banyak sekali orang-orang menjadikan perpustakaan ini, sebagai tempat aktifitas komunitas dalam menyelenggarakan acara secara rutin. Berbagai layanan yang di sediakan oleh Perpustakaan Umum Kabupaten Indramayu untuk para pemustaka.
  • Layanan Perpustakaan 
  1. Layanan informasi perpustakaan 
  2. Layanan sirkulasi koleksi
  3. Layanan referensi dan terbitan berkala 
  4. Layanan internet
  5. Layanan digital library/ koleksi digital
  6. Layanan perpustakaan keliling 
  7. Layanan audio visual 
  8. Layanan kegiatan pelibatan masyarakat
  9. Layanan koleksi anak 
  • Fasilitas perpustakaan 
  1. Hotspot area
  2. Penitipan tas/ loker
  3. Mushola
  4. Gazebo area
  5. Ruang pertemuan/ diskusi 
  • Keanggotaan perpustakaan 
Syarat menjadi anggota perpustakaan Umum Kabupaten Indramayu adalah :
  1. Mengisi dan mengumpulkan formulir pendaftaran 
  2. Masyarakat umum yang memiliki KTP/SIM Kabupaten Indramayu 
Jika persyaratan sudah terpenuhi maka pemustaka akan diberikan kartu anggota perpustakaan. Dengan masa berlaku lima tahun serta dapat di perpanjang. Ketika pemustaka menghilangkan kartu anggotanya maka,  pemustaka diharuskan untuk mendaftar kembali menjadi anggota. Sesuai dengan persyaratan yang sudah di tentukan. 
  • Jam layanan perpustakaan 
  1. Senin - Jum'at : Jam 08.00 - 21.00 WIB 
  2. Sabtu               : Jam 08.00 - 15.30 WIB 
  3. Minggu            : Jam 07.00 - 11.00 WIB (Perpustakaan keliling lokas di taman kota Indramayu)



Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Indramayu, menyediakan Bus antar jemput untuk pemustaka usia dini. Perpustakaan ini sudah menggunakan OPAC, agar mempermudah pemustaka mencari koleksi yang dibutuhkan. Pemustaka diperbolehkan mengusulkan buku, untuk penambahan koleksi di perpustakaan umum Kabupaten Indramayu. Ternyata Perpustakaan Umum Kabupaten Indramayu pun, mempunyai aplikasi untuk pemustaka agar membaca E-book dengan mudah dan dimanapun, iIndramayu merupakan aplikasi milik perpustakaan umum Kabupaten Indramayu. Aplikasi ini bisa di download melalui Play Store dengan gratis. Perpustakaan ini memiliki 15551 Judul buku, 32223 Eksemplar buku, 13765 jumlah anggota, dan 54716 total pengunjung 2018. Program unggulan yang di miliki oleh perpustakaan umum Kabupaten Indramayu adalah "Gerbang Maca", didefinisikan sebagai serangkaian upaya yang di lakukan oleh pemerintah daerah.  Bersama-sama dengan masyarakat untuk meningkatkan dan mengembangkan minat, kegemaran serta budaya membaca,  dalam rangka mewujudkan generasi yang cerdas, berkarakter, dan berbudaya asing. Banyak penghargaan yang diterima oleh perpustakaan Umum Kabupaten Indramayu, salah satunya "Perpustakaan terbaik dalam penerapan sistem informasi manajemen berbasis aplikasi kunang kunang tahun 2018".

Ketika kita ingin Pintar maka kita harus belajar. Mamusia belajar dengan dua cara, cara yang pertama dengan membaca, cara yang kedua dengan berkumpul bersama orang-orang pintar. Sekian bahasan tentang perpustakaan Umum  Kabupaten Indramayu. Mari isi liburan dengan belajar agar pengetahun kita semakin bertambah.. "Selamat menikmati liburan semester" 



Wassalamu'alaikum Wr. Wb  

Komentar

Posting Komentar

Popular Posts

TRADISI WARGA KABUPATEN INDRAMAYU DI BULAN SAFAR

TOUR TO THE LIBRARY

PERAWATAN TANPA BIAYA YANG MAHAL

MENGAPA SULIT UNTUK MEMAAFKAN KESALAHAN

REVIEW (MASKER SPIRULINA)