NATIONAL BATIK DAY

ASSALAMU'ALAIKUM WR. WB 




BATIK.........
siapa sih yang tidak tahu apa itu batik? 
siapa sih yang tidak jatuh cinta dengan batik? 

Batik adalah kain bergambar yang pembuatannya secara khusus, dengan menuliskan atau menggerakan malam pada kain, kemudian pengolahannya diproses dengan cara tertentu yang memiliki kekhasan. (Wikipedia). Batik di Indonesia memiliki ciri khas tersendiri dan beragam motif disetiap daerahnya. 

Tepat pada tanggal 2 Oktober, kita sebagai bangsa Indonesia pasti mengetahui bahwa hari ini merupakan hari special untuk warga negara Republik Indonesia. Karena hari ini merupakan "HARI BATIK NASIONAL". Beberapa tahun yang lalu, batik menjadi kasus pengakuan budaya dari negara lain, UNESCO telah mengakui bahwa batik adalah budaya milik Bangsa Indonesia. Pata tahun 2009 batik Indonesia ditetapkan ada dalam daftar representatif warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan non bendawi di Abu Dhabi. Harus bangga dong ya kita sebagai bangsa Indonesia dengan Batik ,sebab bukan hanya warga Indonesia yang jatuh cinta dengan batik. Bahkan warga negara luar negri pun banyak sekali yang jatuh cinta dengan batik. Kita jangan mau kalah dengan warga negara lain yang cinta dengan batik, sebagai warga negara Indonesia harus menjaga kebudayaan kita jangan sampai tercuri oleh negara lain. Mari kita jaga budaya leluhur kita. 

Membuat batik ternyata tidaklah mudah butuh ketelitian dan cekatan. Pada tahun lalu saya pergi ke pembuatan batik di ciwaringin, yang berada di Kabupaten Cirebon disitu saya belajar membatik menggunakan alat centing. Jika di lihat membuat batik sangatlah mudah tetapi saat kita membuatnya sendiri itu sangatlah susah. Ternyata tidak semudah apa yang di bayangkan dalam otakku. Apalagi jika kita tidak tahan panas pasti kita tidak akan kuat. Jika kita sudah terbiasa maka akan sangatlah mudah membuat batik menggunakan cara ini. 



Ketika saya membuat batik terbesit sebuah pertanyaan dalam otakku. Apakah tidak ada pemuda penerus bangsa Indonesia yang bisa membuat batik?. Sebab pekerja batik di sini usianya sudah tidak muda lagi. Jika tidak ada penerus maka bagaimana dengan budaya batik ini, akan kah hilang ketika sudah tidak ada lagi pengrajin batik?. Batik sudah menjadi budaya karya bangsa kita, membanggakan bukan? selain menjadi karya bangsa Indonesia batik sendiri menjadi suatu identitas dan jati diri kita. Tujuan diadakannya hari penting ini untuk menumbuhkan kebanggaan dan kecintaan masyarakat terhadap kebudayaan indonesia, oleh karena itu mari jaga warisan budaya nenek moyang kita. 


Mari belajar membatik agar batik akan terus ada hingga anak cucu kita. Jika tidak ada anak muda yang akan menjadi penerus membatik, maka budaya membatik akan hilang. Jagalah batik Indonesia agar batik terus menjadi jati diri Bangsa Indonesia.  Sekian tulisan blog tentang batik ini kurang lebihnya mohon maaf.

WASSALAMU'ALAIKUM WR. WB 


"SELAMAT HARI BATIK NASIONAL WARGA INDONESIA" 

Komentar

  1. Hmm mmmm mmmm mmmm

    BalasHapus
  2. Mantappp.. cinta indonesia kuuu.. budayakan memakai batik

    BalasHapus
  3. Makin cinta indonesia dan budayanya 😍 batik 🤗

    BalasHapus
  4. Makin cinta indonesia dan budayanya 😍 batik 🤗

    BalasHapus
  5. Mari jaga budaya kita. . Cintai batik dan pakian batik selalu bukan hanya disaat peringatan hari batik nasional..

    BalasHapus
  6. Wah bener banget ren, batik juga menjadi aset mendunia, banyak banget turis yang berminat

    BalasHapus
  7. Wah memang batik itu sangat indah. Mari jaga batik kita

    BalasHapus
  8. Wah menarik .. Mari sama sama jaga budaya batik

    BalasHapus
  9. Budayakan batik jgn sampai hilang dan di klaim negara lain, mantap artikelnya cuma masih ada yg tipo"

    BalasHapus

Posting Komentar

Popular Posts

TRADISI WARGA KABUPATEN INDRAMAYU DI BULAN SAFAR

TOUR TO THE LIBRARY

MENGAPA SULIT UNTUK MEMAAFKAN KESALAHAN

PERAWATAN TANPA BIAYA YANG MAHAL

REVIEW (MASKER SPIRULINA)