MENGENAL KOREA LEBIH DEKAT DENGAN CARA BERKUNJUNG KE KOREAN CULTURAL CENTER

Assalamu'alaikum Wr. Wb 


Annyeonghaseyo para pecinta korea ....
Sudahkah kamu berkunjung ke Perpustakaan Korean Cultural Center ?

Bagi kalian yang suka dengan korea perpustakaan ini cocok untuk kalian kunjungi, rasanya tidak afdol kalo belum berkunjung ke perpustakaan ini. Perpustakaan ini berada di pusat kebudayaan korea yang lebih dikenal dengan nama Korean Culture Centre (KCC) berada di gedung Equity Tower lantai 17 Jalan Jendral Sudirman, Jakarta. Perkantoran ini merupakan kawasan gudangnya pusat kebudayaan dari negara lain. Ketika berkunjung ke perpustakaan Korean Culture Center ini saya dan teman-teman menggunakan kendaraan umum yaitu tayo (TransJakarta). Turun di halte Glore Bung Karno (GBK), dari halte GBK kita perlu berjalan kaki sekitar 500 meter. Ternyata bukan hanya di Indonesia yang memiliki Korean Cultural Center ini, di negara lain  seperti Amerika, Timur Tengah, dan negara lainnya pun memiliki Korea Culture Center. 
Tujuan dari KCC ini pastinya untuk lebih mengenalkan kebudayaan korea di negara tersebut melalui kebudayaan tradisionalnya maupun budaya populernya (Kpop, Kdrama, Film Korea, dan sebagainya).  

Untuk masuk ke gedung ini, kita di wajibkan untuk menyerahkan KTP/kartu pelajar ke bagian receptionist. Setelah kita menyerahkan KTP/kartu pelajar, nantinya akan diberi ID Card yang digunkan untuk masuk ke area lift. Pastikan sebelum datang kesini tidak lupa membawa KTP/kartu pelajar. Jika kita tidak membawa KTP/kartu pelajar maka kita tidak diperbolehkan untuk masuk ke gedung ini. Jika kita ingin pulang jangan lupa menyerahkan kembali ID Card ke bagian receptionis agar KTP/kartu pelajar kita dikembalikan. Sesampainya di KCC, sebelum masuk di wajibkan untuk mengisi absen terlebih dahulu, setelah itu kita bebas untuk masuk ke berbagai ruangan yang ada di sana. 



Ruangan yang pertama saya dan teman-teman masuki adalah IT Show Room. Ruangan ini berfungsi agar para pemustaka bisa menikmati teknologi modern korea. Di ruangan ini pun terdapan sebuah televisi yang berukuran besar, berfungsi untuk menyaksikan siaran langsung dari korea, bahkan disini ada sebuah televisi 3D. agar bisa menyaksikan para superstar hallyu secara 3 dimensi (kacamata 3D disediakan di meja receptonis). 3 buah PC yang dilengkapi dengan game online korea.



Lanjut ke ruangan selanjutnya adalah Perpustakaan, perpustakaan di KCC ini memang tidak besar bisa dibilang sempit ya apa lagi jika pengunjungnya banyak kayaknya gamuat deh. koleksi buku disini lengkap banget. Koleksi yang ada di perpustakaan KCC terdiri atas referensi, majalah, buku pendidikan, atlas, dvd/vcd, ensiklopedia, dan koleksi special dokdo. Perpustakaan KCC memiliki 800 koleksi buku dan 100 koleksi dvd/vcd (film, dokumeter, drama, musik). Koleksi di perpustakaan ini terus bertambah tiap bulannya mendapatkan 1 dus (40 buku) yang di datangkan langsung dari Korea. Koleksi buku di perpustakaan ini menggunakan bahasa Inggris dan Korea. Peminjaman koleksi hanya bisa dilakukan oleh anggota yang sudah terdaftar di KCC.

Peraturan Peminjaman koleksi di perpustakaan KCC
1. Wajib menjadi anggota KCC
2. Membawa kartu anggota
3. Menyerahkan deposit sebesar 200rb ( bisa dikembalikan apabila berhenti menjadi anggota dan tidak meminjam lagi koleksi yang ada di perpustakaan KCC)
4. 1 kali peminjaman bisa meminjam dvd/vcd sebanyak 2 dvd/vcd, 3 buku, selama 10 hari. jika terlambat mengembalikan maka akan mendapatkan sanksi yaitu tidak bisa meminjam lagi dalam waktu 1 bulan.
5. Khusus untuk dvd drama bisa meminjam 3 buah dan tidak bisa di campur dengan dvd film atau cd musik.
6. 1 orang paling banyak meminjam 5 koleksi (buku, cd,dvd)
7. Apabila koleksi yang di pinjam hilang maka harus mengganti sesuai dengan harga barang yang hilang.

Masih ada ruangan yang bisa di masuki oleh pengunjung, dikarenakan saat  kita berkunjung ke KCC ini sedang ada kegiatan sehingga kita tidak bisa ke ruangan yang lain. Bagi kalian yang ini mencoba menggunakan Hanbok disini menyediakannya dengan gratis.

Bagi kalian penggemar korea kaya aku contohnya :D jika ada waktu luang sangat dianjurkan untuk berkunjung kesini. Disini kalian bisa belajar tentang korea. Sebelum nantinya pergi ke negara tersebut (Amiin). Bangmun-eul hwan-yeonghabnida (Silahkan Berkunjung). 고마워

Wassalamu'alaikum Wr. Wb

Komentar

  1. Wah menarik sekali perpustakaannya.
    Pengen Nyobain kesana

    BalasHapus
  2. Udah dari lamaaaaa niat mau ke kcc tapi belum terlaksana juga ㅠㅠ btw makasih ya infonya jadi makin kpop *eh kepo maksudnya

    BalasHapus
  3. Bagus sekali infonya, jadi tau tentang perpustakaan. Sangat bermanfaat. Lanjutkan

    BalasHapus

Posting Komentar

Popular Posts

TRADISI WARGA KABUPATEN INDRAMAYU DI BULAN SAFAR

TOUR TO THE LIBRARY

PERAWATAN TANPA BIAYA YANG MAHAL

MENGAPA SULIT UNTUK MEMAAFKAN KESALAHAN

REVIEW (MASKER SPIRULINA)