SUDAHKAH KAU MENGENAL EBSCO

Assalamu'alaikum Wr. Wb

Referensi adalah rujukan suatu informasi yang dilakukan oleh seseorang atau pustakawan, untuk membantu seseorang mendapatkan informasi. Referensi banyak digunakan untuk keperluan penelitian atau study. Referensi biasanya diartikan sebagai bahan informasi atau bahan rujukan, yang mutakhir dan digunakan sebagai acuan untuk lebih maju. Jika seseorang menulis karya ilmiah menggunakan referensi yang lengkap maka, karya ilmiahnya justru semakin bagus dan berkualitas.  Mencari referensi itu tidak boleh sembarangan, karena harus memiliki akuntabilitas (bisa dipertanggungjawabkan). Ketika kita membuat karya ilmiah tentunya harus mencantumkan sumber informasi atau referensi yang bersifat ilmiah, akurat dan bisa di pertanggungjawabkan kebenarannya.
Ternyata di zaman sekarang masih banyak orang-orang kebingungan dalam mencari referensi, padahal banyak sekali E-jurnal yang berkualitas dan bagus, untuk digunakan sebagai referensi salah satunya adalah EBSCO ini.

EBSCO adalah penyediaan layanan termuka e-jurnal, e-book, paket langganan, alat manajemen sumber data elektronik, serta terkait untuk layanan perpustakaan dan lembaga-lembaga penelitian. EBSCO terus menjalin hubungan dengan lebih dari 81.000 penerbit global. Ebsco merupakan sebuah sistem referensi dan informasi ilmiah, yang dapat diakses secara online melalui internet. EBSCO menyediakan akses ke berbagai database, yang menyediakan informasi ilmiah dalam bentuk fulltext. saat ini banyak perguruan tinggi yang melanggan ebsco diantaranya Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Pangkalan Data yang dilanggan di Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, sebagai berkut :

  • Arab world research source, Isi : 400 fulltext resources, 125 fulltext Arabic language, 51 judul terindex SCOPUS. Cakupan : Art, Business, Economics, Education, Healt, History, Humanities, LawPolitics, Religion, Science, Sociology, Technology, Engineering, dll.
  • EBSCO eBooks. Subjects covered : Business dan Economics, Education, Political Science, Social Science, ddl.
Pangkalan data yang dilanggan melalui RISTEKDIKTI :
Link cara mencari username dan password melalui RISTEKDIKTI :
  • Engineering, isi : 1.600 judul jurnal full text, 1.296 judul terindex scopus. Cakupan : rospace, Environmental, Biomedical, Mechanical, Civil, Software, Electrical, dll. 
  • Agriculture Plus, isi : 300 judul jurnal full text, 184 judul terindex scopus. Cakupan : AeAgribusiness, Soil Science, Crop Science, Sustainable Development, Food Engineering, dll.
  • Computer & Applied Sciences Complete, isi : 660 judul jurnal full text, 602 judul terindex scopus. Cakupan : Computing, Technology and Engineering, dll. 
Bagaimana cara mengakses EBSCO ?

Pasti kalian masih tidak tahu bagaimana cara mengakses EBSCO ini, disini saya akan memberikan cara agar bisa mengakses EBSCO, dengan gratis dan bisa kita gunakan selama kita membutuhkan informasi. 
Jadi ketika kita ingin mengakses EBSCO maka kita harus log in terlebih dahulu. Login menggunakan E-Journal EBSCO : log in melalui link http://search.ebscohost.com, jika ingin log in maka perlu User Id dan Password terlebih dahulu. Karena User Id dan Password ini bersifat rahasia, maka mintalah ke penjaga perpustakaan terlebih dahulu agar bisa mendapatkan User Id dan Password.

EBSCO bisa membantu kita untuk mencari referensi, jadi bagi kalian yang ingin melihat referensi dari EBSCO silahkan datang ke perpustakaan lalu bertanya ke pustakawan untuk meminta username dan password agar bisa login ke EBSCO. Banyak juga E-jurnal lainnya yang di langgan oleh Perpustakaan UIN Jakarta. Sekian pembahasan artikel ini, kurang lebihnya mohon maaf.

Wassalamu'alaikum WR. Wb 

Komentar

  1. Wah mantap sekali infonya. Sangat bermanfaat
    Terimakasih.. Di tunggu updatan lainnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama sama ka.. jangan sampai ketinggalan updatan terbarunya ya

      Hapus
  2. Wah bermanfaat sekali postingannya.. Patut dicoba nih buat nyari referensi
    Terimakasih banyak

    BalasHapus

Posting Komentar

Popular Posts

TRADISI WARGA KABUPATEN INDRAMAYU DI BULAN SAFAR

TOUR TO THE LIBRARY

MENGAPA SULIT UNTUK MEMAAFKAN KESALAHAN

PERAWATAN TANPA BIAYA YANG MAHAL

REVIEW (MASKER SPIRULINA)