MENCARI SUMBER REFERENSI DENGAN MUDAH

Assalamu'alaikum Wr. Wb 



Halo para pembaca setia blog "My Memory", kali ini saya ingin menuliskan  tentang institutional repository di blog ini. Sebelum saya bahas mengenai institutional repository ini, apakah anda sudah mengerti tentang institutional repository?.  Jika kamu belum tahu tentang institutional repository,  maka disini saya akan membahas mengenai institutional repository. Agar para pembaca bisa mengetahui informasi di  ada dalam institutional repository ini. Lets go. 

Perngertian tentang instutional repository, jadi  repository itu, bisa diartikan sebagai tempat untuk menyimpan (archiving). Sedangkan instutional bermakna sebagai,  kelembagaan atau yang dimiliki oleh lembaga (seperti universitas atau lembaga lainnya). Menurut Lynch pengertian Instutional Repository (IR) adalah,  "Institutional repository is a set of services, that a university offers to the members of its community for the management and dissemination, of digital materials created by the institution and its community members". 
jadi menurut Lynch instutional repository, menekankan bahwa institutional repository merupakan  layanan yang dikembangkan oleh suatu universitas, berupa pengelolaan dan penyebarluasan berbagai hasil kegiatan ilmiah sivitas akademik, dalam bentuk digital. 

Pengembangan institutional repository sudah menjadi concern di berbagai kalangan peneliti, akademisi, perguruan tinggi, dan lembaga riset. Salah satunya Universitas Islam Negri Syarif Hidayatullah Jakarta, menyedialan institutional repository untuk mempermudah mahasiswa/mahasiswi, dosen, staf UIN Jakarta, umum, peneliti,  mengakses berbagai artikel jurnal ilmiah, skripsi, tesis, prosiding, karya dosen, hasil penelitian, dan lain - lainnya.  Instutional repository UIN Jakarta menerapkan sistem open access, yang artinya anda tidak perlu log in terlebih dahulu untuk mengakses IR UIN Jakarta ini.



Untuk perguruan tinggi, institutional repository ini sangatlah penting, karena bisa memberikan berbagai manfaat untuk para mahasiswa/mahasiswi yang ingin mencari sumber referensi. manfaat yang pertama adalah sebagai sarana untuk menunjukkan hasil riset unggulan, manfaat yang kedua adalah meningkatkan prestige (nama harum lembaga), dan manfaat yang terakhir meningkatkan visibility. Melalui institutional repository ini dapat menyebar luaskan berbagai macam artikel jurnal imiah, skripsi, karya dosen, hasil penelitian, tesis, prosiding, dan lain sebagainya, dengan mudah dan cepat. Untuk bisa mengakses ke IR ini tidak hanya langsung mengunjungi website tersebut, akan tetapi anda bisa mengaksesnya melalui mesin pencarian (google schollar dan lain-lain), Karya - karya yang ada di instutional repository biasanya sudah terindeks oleh google.  

Nah bagi kalian yang memerlukan referensi untuk karya ilmiah, anda bisa mengakses institutional repository milik UIN Jakarta ini. Cara mengaksesnya pun sangat mudah, kalian tidak perlu log in terlebih dahulu agar bisa mengakses IR ini.  Artikel yang ada di Instutional repository UIN Jakarta ini di kelompokkan berdasarakan fakultas, jurusan, penulis, serta tahun terbitnya. Agar lebih memudahkan kita mencari sumber referensi yang dibutuhkan. 
Untuk bisa mengakses ke instutional repository milik UIN Jakarta silahkan klik link dibawah 

Sekian tulisan pembahasan mengenai instutional repository (IR), semoga bermanfaat untuk para pembaca dan memudahkan pembaca mencari referensi. Jika ada salah kata dalam penulisan mohon maaf.  

Wassalamu'alaikum Wr. Wb

Komentar

  1. Terimakasih infonya sangat bermanfaat sekali, kalo mager cukup lewat repository buat nyari sumber referensi. Makasih ya

    BalasHapus

Posting Komentar

Popular Posts

TRADISI WARGA KABUPATEN INDRAMAYU DI BULAN SAFAR

TOUR TO THE LIBRARY

PERAWATAN TANPA BIAYA YANG MAHAL

MENGAPA SULIT UNTUK MEMAAFKAN KESALAHAN

REVIEW (MASKER SPIRULINA)